MUTU PROGRAM STUDI DI TANGAN PENGELOLA PRODI

  • 16 November 2023
  • 05:41 WITA
  • Administrator
  • Berita

Hari kedua kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen Mutu Program Studi dalam lingkup Pascasarjana UIN Alauddin Makassar yang berlangsung di Hotel Sultan Alauddin menghadirkan dua pembicara yang sangat luar biasa yakni Dr. Syamsul Alam, SE. M.Si. Ak., CA. Cpk sebagai Dosen Program Studi Ilmu Akuntasi pada Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia yang juga Assesor pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Beliau menyampaikan materi berkenaan dengan Implementasi SPMI yang dalam paparannya ia memantik para peserta dengan sebuah pertanyaan siapa yang bertanggung jawab pada mutu sebuah program studi. Menurut beliau, penanggung jawabnya adalah Ketua dan Sekretaris Propgram Studi, bukan Lembaga Penjaminan Mutu. 

Penyampaian materi oleh beliau diselingi dengan beberapa tanggapan dari para peserta yang berkenaan dengan materi yang disampaikan. Sebelum  beliau menyampaikan materi, pemateri yang lain yakni Ummu Kalsum, S.St. M.Ak. yang juga Dosen UMI dan menjabat Pengendali Sistem Mutu Fakultas (PSMF) menyampaikan brainstorming tentang Kebijakan Nasional SPM Pendidikan Tinggi. 

Paparan kedua pemateri sangat menarik sehingga memantik para peserta untuk banyak bertukar pikiran mengenai penyusunan dokumen mutu. Menurut Dr. Syamsul Alam, seluruh dokumen mutu harus terupload pada sistem sehingga memudahkan bagi para assesor untuk mengecek dan menverifikasi seluruh dokumen pada proses akreditasi sebuah progam studi.